Wednesday, July 18, 2018

Memanah | الرمي‏

Bismillah walhamdulillah, Washsholatuwassalamu'ala rasulillah, 'amma ba'du:
Memanah adalah salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka dari itu sebagai seorang muslim, kita mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Mendengar kata panahan, sebagian orang merasa takut dan khawatir karena mengganggap bahwa panahan adalah jenis olahraga berbahaya, tidak cocok untuk setiap orang. Sebagian orang juga menganggap bahwa panahan adalah olahraga yang kurang terkenal dan mahal, karena jarang yang tertarik dan harus membeli peralatan yang diketahuinya harganya yang sangat mahal.

Sebenarnya olahraga panahan cukup aman dan tingkat keamanannya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga lainnya, asalkan mengikuti instruksi keselamatan. Selain itu olahraga panahan bukanlah olahraga baru, karena usianya sudah ribuan tahun, mungkin termasuk olahraga yang paling tua bahkan lebih tua daripada atletik dan olahraga lainnya. Masalah peralatan yang mahal, hal ini sangat relatif. Banyak peralatan panahan standar yang harganya murah yang ditujukan untuk pemula. Bagi pemula yang terpenting bukanlah harga peralatannya, namun teknik memanahnya
 Berikut beberapa riwayat tentang "Memanah"


Dari ‘Uqbah bin ‘Amir Al-Juhani (semoga Allah Ta’ala ridho kepadanya): Saya mendengar Rasulullah (shallalaahu ‘alayhi wa sallama) dari atas mimbar bersabda; “Bersiaplah menghadapi mereka sebesar kekuatanmu. Sesungguhnya, kekuatan ada pada memanah, kekuatan ada pada memanah, kekuatan ada pada memanah.”


Darinya (‘Uqbah bin ‘Amir Al-Juhani (semoga Allah Ta’ala ridho padanya)): Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda; “Barangsiapa telah diajarkan memanah dan kemudian meninggalkannya maka dia telah bermaksiat (terhadap Rasulullah shallalahu ‘alayhi wa sallama)”
Dari Abu Hurairah radhiyaallahu’anhu, Dari Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda; “Tidak ada lomba kecuali pada memanah, balapan unta dan balap kuda


.



Berikut kami sajikan Buku Panduan Teknik Memanah ==> Download
 

No comments:

Post a Comment